Inspirasi Logo Bergaya Wordmark

Wordmark Logo Inspiration

Wordmark logo adalah logo berbentuk teks nama perusahaan/merek yang dirancang sedemikian rupa hingga membentuk suatu visualisasi utuh sebuah identitas. Jika dibandingkan dengan logo jenis lain, seperti lettermark (inisial), pictorial mark (gambar), atau logo-maskot, logo bergaya wordmark memiliki kelebihan seperti kemudahan identifikasi serta fleksibilitasnya.

Meski hanya terdiri dari teks, namun bukan berarti logo jenis ini harus berbentuk kaku dalam balutan font biasa. Cukup banyak logo bergaya wordmark yang mampu menonjolkan kreativitas. Hasilnya menarik, ciri khas logonya jadi lebih menonjol, seperti yang bisa dilihat dari karya beberapa desainer dan brand consultant asal Indonesia berikut ini:

Logo Neuk Zakifitria Inc

Ciri khas logo ini terdapat pada huruf N-nya, dengan whitespace berbentuk siluet anak kecil. Desain ini merupakan karya Zakifitria Inc. untuk Neuk, sebuah perusahaan di bidang fashion, khususnya pakaian balita.

Logo Tijili LeBoYe

Visualisasi logo Tijili terinspirasi dari motif tradisional yang mewakili Dewi Sri, yang ditafsirkan dalam bentuk modern sebagai budaya yang dinamis dan kreatif. Logo ini dibuat oleh LeBoYe, sebuah brand consultant asal Jakarta.

Logo Seruling Kyuuki

Secara keseluruhan, visualisasi logo ini menampilkan sentuhan motif lokal pada logotype mereknya (terutama pada huruf S), dengan ciri khas bentuk seruling pada huruf L-nya. Logo ini merupakan karya Kyuuki untuk Seruling Resto & Cafe.

Logo Primaax Fengshui

Logo karya Feng Shui Untuk Logo ini dibuat untuk Primaax, sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang otomotif. Ciri khas logo ini terdapat pada whitespace huruf R yang membentuk simbol singa.

Logo Loka Makkimakki

Logo ini dibuat oleh Makkimakki, sebuah brand consultant level internasional yang berbasis di Jakarta. Huruf O pada logo ini membentuk visualisasi keranjang belanja, mengacu pada bisnis Loka yang bergerak pada bidang retail dan supermarket.

Logo Kalila Tjoret

Tjoret Creative Studio membuat logo Kalila Adventure dengan teks yang dibentuk dari visualisasi daun pisang. Logo ini menggambarkan karakteristik Kalila Adventure yang merupakan wahana edutainment berwawasan lingkungan dan berkonsep hijau.

Logo Besya Dharma Anjarrahman

Ciri khas logo ini terdapat pada huruf A, yang dibuat dari bentuk bulan sabit dan berlian, sehingga secara sekilas menampilkan visualisasi berupa kubah masjid. Logo ini merupakan karya Dharma Anjarrahman untuk Besya Hijab, perusahaan yang bergerak di bidang fashion islami.

Logo Radatime Fadly Pratama

Logo ini memiliki ciri khas pada huruf M-nya yang membentuk obyek sebuah jam, mengacu pada bidang bisnis yang dijalankan, yaitu jual-beli jam secara online. Logo ini merupakan karya Fadly Pratama untuk Radatime.

Logo Gerai Ollyn Nexto

Logo ini dibuat oleh Nexto, sebuah studio desain yang berlokasi di Depok. Huruf Y pada logo ini membentuk visualisasi kepala perempuan dengan rambut tergerai, sebagai bentuk pesan yang menunjukkan bisnis Gerai Ollyn yang bergerak di bidang fashion khusus perempuan.


Logo Legen Rian Rahardi

Logo karya Rian Rahardi ini dibuat untuk Legen, sebuah perusahaan yang memproduksi gula semut alami. Karakteristik logo ini terdapat pada whitespace huruf G yang membentuk simbol kepala semut.

Logo Nook Aldo Picaso

Tidak seperti kebanyakan logo real estate yang menggunakan logo generik berupa simbol atap rumah, Nook mencoba untuk berbeda melalui logo karya Aldo Picaso yang bergaya wordmark dengan visualisasi berbentuk daun pintu pada whitespace huruf N-nya.

Logo Sedudo Mohammad Hafidz

Logo Sedudo dibuat menggunakan kustomisasi font untuk menampilkan visualisasi riak air. Logo ini dibuat oleh Mohammad Hafidz sebagai place identity branding untuk Air Terjun Sedudo di Nganjuk.

***

Itulah beberapa inspirasi desain logo yang menggunakan gaya wordmark. Logo mana yang paling kalian suka, Haders?
NewerStories OlderStories Beranda

2 komentar:

  1. inspiratif bung. terus berbgi bung. :)

    BalasHapus
  2. Thanks, sangat bermanfaat gan. Terus berkarya dan sering memposting yah, ditunggu artikel selanjutnya :)

    BalasHapus